China Luncurkan Misi Pertama Penjelajah Bulan


China akhirnya meluncurkan misi penjelajah bulan pertama mereka pada Senin dini hari, 2 Desember 2013. Ini adalah langkah pertama dalam ambisi China mengirimkan astronot mereka ke bulan.

Diberitakan Reuters, misi bulan Chang'e-3 yang memuat mobil jelajah bulan Yutu atau Kelinci Giok diluncurkan menggunakan roket Long March-3B dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di provinsi Sichuan pada pukul 1.30 waktu setempat.

Jika berjalan mulus, misi ini akan sampai ke bulan pada pertengahan Desember. Para peneliti seperti dikutip dari Xinhua mengatakan, Chang'e-3 mampu mendeteksi lokasi aman sebelum mendarat di bulan. Titik pendaratan diperkirakan di sebuah kawah bernama Sinus Iridum atau Pantai Pelangi.

Sebelumnya tahun 2010 lalu, misi China ke bulan bertujuan untuk mengambil citra permukaan dan kawah bulan, sembari mencari titik landasan potensial untuk peluncuran 2013.

Jika sukses mendarat, pesawat luar angkasa China ini akan menurunkan mobil jelajah Kelinci Giok (Yutu), ini adalah nama kelinci peliharaan dewi bulan Chang'e dalam mitologi China. Kendaraan beroda enam ini akan menjelajah bulan untuk melakukan survei dan sampel sumber daya.

"Misi ini telah memasuki orbit. Saya umumkan peluncuran ini sukses. Kita akan mewujudkan impian antariksa kita sebagai bagian dari mimpi peremajaan nasional China," kata Zhang Zhenzhong, direktor pusat peluncuran Xichang.

Misi pertama China ke orbit bulan, Chang'e-1, dilakukan pada tahun 2007 silam. Target jangka panjang mereka adalah mengirimkan astronot ke bulan pada tahun 2020.

Jika misi kali ini sukses, China akan menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet yang berhasil mendarat mulus di bulan.

Program antariksa China berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Juni lalu, China mengirimkan astronot ke luar angkasa selama 15 hari, mengerjakan pembangunan laboratorium luar angkasa. Target China, membuat stasiun luar angkasa sendiri tujuh tahun lagi.

Pemerintah Beijing bersikeras program mereka ini untuk tujuan damai. China juga menyatakan siap membagi teknologi mereka dengan negara lain.

Kendati demikian, Kementerian Pertahanan Amerika Serikat khawatir ini adalah bagian dari upaya peningkatan sistem persenjataan China. Para ahli antariksa di AS juga was-was jika misi China ini bisa mengganggu program yang sama yang dilakukan NASA di bulan.

Sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/463008-china-luncurkan-misi-pertama-penjelajah-bulan

0 Response to "China Luncurkan Misi Pertama Penjelajah Bulan"

Post a Comment